Cara Mengatur Startup Windows

Pada postingan kali ini saya akan mengulas bagaimana cara untuk mengatur startup windows sobat. Startup windows berisi program-program aplikasi yang berjalan otomatis bersamaan dengan proses loading sistem operasi windows, kebanyakan biasanya berjalan dibelakang layar dan menetap di RAM (memori). Dengan mengatur startup sobat dapat membebaskan beban yang ada di RAM dan mempercepat proses kinerja komputer.
Yuk sobat simak langkah-langkahnya seperti penjelasan berikut ini :
  1. Klik menu start di pojok kiri bawah atau tekan tombol "Windows + R" pada keyboard. Kemudian ketik msconfig pada kolom seperti gambar.

  2. Maka akan tampil jendela windows System Configuration Utility. Normal Startup digunakan untuk menjalankan semua program aplikasi yang ter-install di dalam komputer (biasanya komputer secara default mengambil opsi ini saat loading windows). Diagnostic Startup digunakan untuk menjalankan hanya program aplikasi default bawaan windows (komputer hanya akan me-load aplikasi yang bawaan dari windows saja, sedangkan aplikasi lain tidak akan di load sehingga membuat RAM tidak menampung beban terlalu banyak). Selective Startup digunakan untuk memilih secara manual proses program aplikasi yang akan dijalankan saat proses loading windows (biasanya digunakan oleh sobat-sobat IT yang sudah paham benar akan konfigurasi sistem windows). Untuk saat ini biarkan pilihan pada normal startup.
  3. Klik tab Startup, kemudian hilangkan centang pada program aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting untuk dijalankan (seperti yahoo messenger dan aplikasi selain bawaan windows).
  4. Klik tombol Apply atau OK. Kemudian restart komputer sobat untuk melihat hasilnya. Biasanya komputer saat loading windows akan berjalan lebih cepat dari pada sebelumnya.
Sebagai indikator untuk melihat apakah startup windows me-load terlalu banyak aplikasi, sobat dapat melihat di bagian taskbar windows yang berada di sebelah kanan bawah.
Nah sekian dulu ulasan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sobat-sobat IT yang mengalami kendala kecepatan loading windows. Jika masih ada pertanyaan atau request silahkan tulis di kolom komentar ya sobat.

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer